Setelah beberapa tahun
Datsun vakum dengan produksinya di Indonesia, kini Datsun kembali hadir dengan
wajah baru yang mengusung konsep LCGC
Pertama kali hadir,
Datsun GO+ menjadi satu-satunya LCGC yang menawarkan kabin setara
dengan small MPV di mana pada saat itu LCGC didominasi oleh hatchback
berkonsep city car. Datsun yang merupakan satu management dengan Nissan tersebut, menghadirkan Datsun GO dan GO+ dengan berbekal
spesifikasi mesin 1.2L yang menjamin performa bertenaga dan tetap irit konsumsi
bahan bakar, varian LCGC tiga baris ini juga merupakan tipe mobil yang mudah
dalam hal perawatan. Selain mudah, perawatan mobil Datsun sendiri terbilang relatif cukup ekonomis. Sedangkan untuk interior sendiri
sudah dibuktikan kualitasnya. Lantas yang menjadi kelebihan selanjutnya dari Datsun GO ini
adalah, mobil ini sudah dilengkapi dengan penerapan teknologi terbaru Datsun.
Seperti misalnya pedal akselerator elektronik (DBW) yaitu drive by wireless yang memungkinkan penggunaan bahan bakar menjadi lebih irit, suspensi poros ganda Mc Phreson Sturut dimana suspensi sudah teruji di beberapa mobil Nissan, drive
computer dan speed sensitive electric power steering yang menjamin kenyamanan
maksimal untuk pengendara. Tak berhenti sampai di sini saja, ternyata masih
banyak kelebihan lain yang ditawarkan dari Datsun GO & GO+ ini.
Spesifikasi Datsun GO
Mobil ini menawarkan desain depan maupun belakang yang sporty mulai dengan penerapan headlamp heksagonal berjenis halogen yang sanggup memberikan
penerangan maksimal ketika berkendara di malam hari. Kemudian pada bagian grill
depan menggunakan konsep grill D-Cut
berkontur honeycomb dengan bingkai krom untuk memberikan kesan elegan. Kemudian pada bagian bumper depan Datsun GO juga menampilkan desain berkelas lewat
siluet tiga dimensi. Beralih pada body samping, body dari Datsun sendiri telah dilengkapi dengan body kit untuk varian tertinggi ditambah dengan desain kaca menyempit dari depan ke belakang yang mengakibatkan tambilan terlihat lebih fresh. Bagian belakang Datsun GO dibuat melengkung dengan stoplamp persegi yang kompak mengikuti alur
body secara keseluruhan. Desain body belakang juga semakin manis berkat
penerapan roof spoiler dan body yang dibuat menjorok ke belakang serta bumper
yang dikonsep landai. Umunya desain eksterior dari spesifikasi Datsun GO Plus
ini memang cukup modis serta mampu menampilkan aura mobil yang fungsional
sebagai kendaraan masa kini.
Mesin 1.200 cc Hadirkan Performa Bertenaga dan
Tetap Irit Konsumsi BBM
Tibalah pada
pembahasan pada bagian jantung dapur pacu dari spesifikasi Datsun GO ini.
Secara teknis, spesifikasi mesin mobil ini memang masih menggunakan basis mesin
yang sama dengan saudara kandungnya, yakni Datsun GO Panca hatchback. Kali
ini, Datsun GO tetap mengandalkan mesin seri HR12DE yang juga masih
merupakan platform mesin dari Nissan March dimana mesin juga telah teruji bagaimana performa dan juga konsumsi bahan bakarnya yang irit. Nah,
konsep itu jugalah yang diterapkan pada Datsun GO ini. Datsun GO sendiri memiliki kapasitas 1198 cc. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal
mencapai 68 KW pada putaran mesin 5000 rpm dan torsi sebesar 104 NM pada
putaran mesin 4000 rpm. Sementara itu untuk penyaluran bahan bakarnya,
mobil ini sudah menggunakan sistem Fuel Injection. Penggunaan sistem pengabutan
bahan bakar injeksi tersebut akan membuat Datsun GO menjadi lebih irit bahan
bakar. Dari beberapa pengujian, mobil ini diklaim sanggup melesat dengan
kecepatan maksimum 155 km/jam. Untuk
transmisi penggeraknya sendiri, spesifikasi Datsun GO yang tersedia di
pasar Indonesia semuanya masih mengusung transmisi manual 5 percepatan, kemungkinan percepatan automatic akan hadir pada tahun 2017.
Datsun GO+
|
|
Mesin
|
|
Seri Mesin
|
HR12DE
|
Kapasitas Isi
Silender (cc)
|
1,198
|
Tenaga Maksimal
(PS/rpm)
|
50/5000
|
Torsi Maksimal
(Nm/rpm)
|
104/4000
|
Transmisi
|
5 Speed MT
|
Dimensi
|
|
P x L x T (mm)
|
3955 x 1635
x 1490
|
Jarak Sumbu Roda
(mm)
|
2,450
|
Jarak Radius Putar
(m)
|
4.6
|
Jarak Terendah ke
Tanah (mm)
|
170
|
Berat Kosong (kg)
|
812
|
Steering
|
|
Tipe Steering
|
Elektik Power Steering
|
Pengereman
|
|
Rem Depan
|
Disc
|
Rem Belakang
|
Drum
|
Suspensi
|
|
Suspensi Depan
|
Mc Pherson Strut
with Coil Spring
|
Suspensi Belakang
|
Torsion Beam
|
Kaki-kaki
|
|
Ukuran Ban
|
155/70 R13
|
Ukuran Velg
|
13 inches
|
semangat gar ayo kerja kerja kerja mumpung masih muda usiamu
BalasHapus